Langkah-Langkah Kuliah Di Jerman Secara Gratis

beasiswa daadBaru-baru ini Jerman sudah menghapus biaya kuliah untuk mahasiswa internasional. Baik mahasiswa Jerman dan Internasional hanya perlu membayar biaya yang sama untuk ijazah atau sertifikat agar bisa memperoleh gelar dari sebuah universitas yang ada di Jerman. Hal ini tentunya berbeda, jika Anda mengambil kuliah di negara populer lainnya seperti Amerika Serikat, Inggris serta Australia yang masih mengenakan biaya kuliah untuk mahasiswa internasional. Untuk itulah, tak heran jika kuliah di Jerman sangat banyak diminati. Bahkan Jerman juga menyediakan berbagai layanan bantuan keuangan secara penuh selama masa perkuliahan melalui berbagai program beasiswa Jerman full serta pinjaman lainnya.

Salah satu beasiswa yang paling banyak diminati oleh para mahasiswa asal Indonesia adalah The German Academic Exchange Servise atau lebih dikenal dengan beasiswa DAAD. Pada dasarnya beasiswa daad mempunyai banyak sekali cabangnya di beberapa negara tertentu, termasuk di Indonesia. umumnya beasiswa daad ini akan menyediakan bantuan keuangan ke beberapa mahasiswa internasional yang sudah memenuhi persyaratan. Berikut ini ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi agar bisa kuliah di Jerman.

Bukti bantuan keuangan atau sumber keuangan (beasiswa)

Perlu diketahui, sebelum Anda memulai kuliah aktif di Jerman, maka Anda harus terlebih dahulu memberikan bukti jika Anda mempunyai uang yang cukup untuk membiayai hidup di Jerman. Biasanya para pendaftar kuliah di Jerman ini harus memberikan bukti jika mereka mempunyai uang sebanyak 8,000 eoro di dalam rekening banknya untuk satu tahun.

Kemampuan berbahasa Jerman

Pada dasarnya, banyak program perkuliah yang membutuhkan pengetahuan dasar terkait bahasa Jerman dan juga biasanya dijadikan sebagai salah satu persyaratan agar bisa masuk ke sebuah universitas di Jerman. Namun, jika Anda ingin kuliah di program gelar internasional maka Anda tidak perlu harus bisa berbahasa Jerman.

Mengikuti tes bakat dan kecerdasan (Aptitude Test)

Biasanya sebelum masa kuliah di mulai, Anda harus mengikuti Test for Foreign Student (TestAS) guna menilai diri sendiri secara realistis terkait apakah Anda bisa menyelesaikan program atau jurunan perkuliah yang Anda ambil tersebut. Umumnya tes ini terdairi dari tiga tahapan, yakni tes bahasa (on Screen), the core test serta modul tes subyek tertentu (subject specific test modules).

Melamar visa

Sebagai seorang mahasiswa internasional, tentunya Anda akan membutuhkan bisa untuk bisa datang ke Jerman. Anda bisa melamar atau daftar visa di Indonesia pada kedutaan Jerman yang ada di kawasan Jakarta.

Mendaftar Asuransi kesehatan

Untuk bisa kuliah di Jerman maka Anda akan membutuhkan asuransi kesehatan. Pada saat anda diterima dan melamar residence permit maka Anda diharuskan untuk menunjukkan bukti jika Anda sudah mendaftar dalam asuransi kesehatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *