Macam-Macam Tanaman Herbal Pelancar ASI

Herbal pelancar ASI (Air Susu Ibu) merupakan obat yang kerap kali dibutuhkan oleh para perempuan yang sedang menyusui si buah hati namun tidak bisa mengeluarkan ASInya secara lancar dan cukup. ASI atau air susu ibu merupakan sumber makanan cari yang paling utama, pertama dan terbaik, minuman air ini diproduksi oleh payudara ibu. ASI memiliki komposisi yang mengandung banyak zat gizi yang tinggi dan dibutuhkan oleh setiap bayi. Proses tumbuh kembangnya bayi dapat berjalan dapat dijamin dengan air susu ibu (ASI) yang ada pada ibu. Air susu ibu juga memberikan sebuah perlindungan pada buah hati dari berbagai macam penyakit dan infeksi pada bayi.

Para ahli kesehatan menyarankan agar bayi diberikan ASI secara intensif, karena sudah menjadi rahasia umum bahwa ASI adalah makanan yang terbaik serta sempurna di dunia. Namun tidak semua ibu dapat memproduksi ASI secara lancar karena berbagai hal, bisa karena si ibu sakit atau trauma. Bagi Anda yang sedang memiliki buah hati apalagi masih bayi dan baru saja lahir tentunya ingin sang buah hati mendapatkan ASI yang cukup. Ada beberapa tanaman herbal pelancar ASI yang dapat Anda konsumsi untuk memperlancar ASI:

  1. Fannel

Fannel sudah dikenal oleh masyarakat luas sejak zaman Yunani Kuno, tanaman ini sudah dikenal dan peraya sebagai herbal untuk meningkatkan ASI. Fannel mengandung kumarin dan flavonoid, kedua kandungan tersebut merupakan golongan dari fitoestrogen. Fiteostrogen pada fannel dapat berdampak untuk mengembangkan payudara pada ibu.

Fannel juga dipercaya dapat merangsang adanya LDR (Let Down Reflex) yang dapat menstimulasi ASI untuk keluar.

  1. Habbatussauda

Herbal pelancar ASI berikutnya adalah habbatussauda, pasti Anda tidak asin lagi dengan tanaman herbal ini. habbatussauda telah dipercaya sebagai tanaman herbal yang dapat meningkatkan produksi air susu ibu, hal tersebut karena terdapat kombinasi struktur hormon dan unsur lipid. Habbatussauda yang disebut juga dengan jintan hitam mengandung arginine yang sangat penting bagi pertumbuhan para balita. Selain itu manfaat habbatussauda juga dapat meningkatkan fungsi pada otak karena dalam habbastussauda mengandung asam linol.

Nah… masih ada lagi manfaat dari habbatussauda, yaitu dapat memperkuat system tubuh dari serangan virus, bakteri dan kuman. Sehingga akan sangat baik jika dikonsumsi oleh para ibu yang ingin memperlanjar ASInya.

Demikianlah macam-macam tanaman herbal pelancar ASI yang dapat dengan mudah Anda temui di daerah tempat Anda tinggal. Memberikan ASI (Air Susu Ibu) secara intens kepada buah hati akan sangat membantu buah hati untuk tumbuh dan berkembang. Maka bagi Anda para Ibu, harus tetap semangat untuk memberikan ASI kepada buah hati. Selamat mencoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *