Cara Kerja Genset dan Kelebihan Genset Diesel

Generator set atau genset memang sudah melekat dengan kehidupan sehari-hari. Apalagi selama pemerintah menerapkan program pemadaman bergilir dalam rangka menghemat tenaga listrik. Ada beberapa jenis genset yang beredar di pasaran, salah satunya adalah genset diesel. Penasaran dengan cara kerja genset dan kelebihan apa saja yang dimiliki genset diesel? Simak uraian berikut !

Genset

Genset atau generator set merupakan seperangkat alat yang bekerja sebagai pembangkit listrik. Alat ini terdiri dari gabungan antara generator atau alternator dan mesin. Genset terdapat berbagai macam jenisnya sesuai bahan bakar yang digunakan. Berikut daftar jenis genset berdasarkan bahan bakar.

  1. Mesin Genset Gas
  2. Mesin Genset Diesel
  3. Mesin Genset Bensin
  4. Mesin Genset Portable
  5. Mesin Genset Turbin
  6. Mesin Genset Urine

Cara Kerja Genset

Genset diesel memiliki penambahan panas atau energi yang bisa memberikan tekanan secara konstan pada mesin genset tersebut. Sebagai penjelasan lengkapnya, simak beberapa langkah prinsip kerja mesin genset dibawah ini:

  1. Pertama adalah dengan melakukan langkah ke bagian atas yang merupakan langkah pemasukan dan pengisapan. Di sini udara serta bahan bakar dapat masuk dengan mudah, sedangkan untuk poros engkol akan berputar menuju bagian bawah.
  2. Bagian kedua yakni langkah kompresi yang berkaitan dengan poros engkol dan gerakan terus menerus secara memutar yang menghasilkan bagian toraknya naik serta menekan bahan bakar. Hal itu menyebabkan bahan bakar mengalami proses pembakaran.
  3. Langkah ekspansi serta kerja adalah kedua katup yaitu katup isap dan katup buang dalam kondisi tertutup. Sedangkan pada bagian poros engkol masih dalam kondisi berputar dan menarik kembali bagian torak ke bawah.
  4. Langkah pembuangan, bagian katup buang dibiarkan dalam keadaan terbuka yang menyebabkan gas yang berasal dari bagian atas terbuang.
  5. Langkah terakhir adalah proses dari langkah pertama akan terulang kembali.

Kelebihan Genset Diesel

  1. Harga solar lebih murah dibanding dengan bensin.
  2. Solar memiliki energi yang lebih tinggi, sehingga energi yang dihasilkan lebih banyak.
  3. Genset diesel modern telah mengatasi kelemahannya yaitu mahal dalam perawatan dan bising ketika digunakan. Saat ini genset diesel tidak lagi membutuhkan perawatan yang mahal dan tidak lagi menimbulkan kebisingan.
  4. Genset diesel tahan lama dan dapat diandalkan dibandingkan genset bensin.
  5. Pada genset diesel tidak terdapat busi yang bisa menimbulkan percikan api saat dihidupkan, karena hal itulah perawatan genset diesel lebih mudah.
  6. Irit biaya pemakaian karena besarnya energi litrik yang dihasilkan per kilowatt sekitar 30% – 50% lebih rendah daripada genset bensin.
  7. Genset diesel umumnya lama bertahan karena tahan panas dan juga tidak cepat panas dibandingkan genset bensin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *